Grand Triumph 2024 Digelar, Arsjad Rasjid Siap Bawa Event Internasional Lanjutan

JAKARTA – Grand Triumph 2024 resmi digelar dan menjadi ajang pembuktian bagi Indonesia dalam menyelenggarakan event panahan kelas dunia.

Lebih dari 1000 peserta mengikuti ajang tersebut, di antaranya 12 atlet panahan kelas dunia, termasuk superstar barebow dunia Raymond “Reggie” Huang, juara Lancaster Classic 2024 asal Kanada.

“Event ini jelas membanggakan bagi Indonesia karena selain terbesar kedua di Asia Tenggara, Grand Triumph ini telah menaikkan level Indonesia secara internasional serupa event panahan indoor Vegas Shoot dan Lancaster Classic,” ujar Ketua Umum PB Perpani, yang sekaligus Steering Committee Grand Triumph 2024 Arsjad Rasjid.

Arsjad menegaskan, event ini merupakan awal dari kiprah panahan Indonesia yang ingin lebih terlibat di level internasional.

Dengan adanya event ini, panahan Indonesia akan mendorong World Archery untuk memberikan kesempatan bagi Indonesia menyelenggarakan event dunia di Indonesia.

“Grand Triumph ini juga melibatkan komunitas barebow Indonesia sehingga menjadi momen tepat menyejajarkan barebow dengan divisi-divisi panahan lainnya. Kita ingin agar barebow masuk dalam kompetisi resmi secara nasional dan internasional,” katanya.

Sebagai informasi, Grand Triumph 2024 berlangsung di Jogja Expo Center, pada 19 – 20 Oktober 2024. Lebih dari 1000 peserta mengikuti turnamen tersebut, antara lain 127 atlet Recurve Open 18 m, 120 atlet Compound Open 18 m, 208 atlet Barebow open 25 m, 132 atlet Recurve/Standar Nasional U-15 15 m, 143 atlet Recurve/Standar Nasional U-12 12 m, dan 29 atlet Barebow U12 10 m.

Selain Raymond Huang, nama-nama beken atlet dunia lainnya adalah Mohd Juwaidi Mazuki, Pattamawadee Yuenprakon, Nutty Maneesombatkul, Kanyavee Maneesombatkul, Woo Teng Ng, Kholidin, Arif Dwi Pangestu, juara PON XII Aceh Sumut Prima Wisnu dan Ahmad Baasith, serta Tiga Srikandi Nurfitriyana Saiman.

“Yang terpenting bagi saya adalah melakukan persiapan matang sebagaimana biasanya, percaya pada kemampuan saya, baik teknik maupun pada saat bertanding di lapangan nanti,” kata Raymond Huang.

Raymond menegaskan, dirinya sangat senang mengikuti turnamen tersebut, selain karena orang Indonesia yang sangat ramah, tetapi juga bisa berada di antara para atlet panahan junior antusias mengikuti turnamen tersebut.

“Saya akan melakukan yang terbaik untuk event ini dan berharap bisa bertanding bersama para atlet junior di ajang ini. Sangat terhormat dan bahagia berada di sini,” tegas dia.