Arsjad Rasjid Ajak Kaum Muda Garap Peluang Ekonomi Kreatif

JAKARTA — Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengajak generasi muda untuk mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif di Tanah Air. Memiliki ceruk pasar yang terbuka lebar, Arsjad mendorong anak-anak muda untuk menggarap dan memanfaatkan peluang tersebut semaksimal mungkin.

Arsjad memaparkan, saat ini industri kreatif kian berkembang dan menjelma menjadi salah satu industri dengan potensi yang sangat besar bagi masa depan ekonomi Indonesia.

Saat ini, ungkap Arsjad, industri kreatif memberikan sumbangsih Rp 1.300 triliun terhadap PDB. Dengan catatan ini, Indonesia disebut menduduki posisi ketiga dunia setelah industri Hollywood di Amerika Serikat dan K-Pop di Korea Selatan.

Tak hanya itu, ekonomi kreatif juga menyerap sekitar 23,98 juta tenaga kerja pada 2022, serta memberikan kontribusi sebagai eksportir di bidang fashion, kriya, hingga kuliner.

“Ini menjadi peluang yang bisa dioptimalkan oleh generasi muda. Terus perkaya ilmu, persiapkan diri, terutama untuk menyambut datangnya bonus demografi yang menuntut kaum muda untuk benar-benar bisa memanfaatkannya,” ujar Arsjad.

Meski industri kreatif di dalam negeri telah lumayan besar, namun Arsjad mengingatkan para pelakunya untuk tidak cepat berpuas diri. Ke depan, industri ini harus terus memacu diri agar bisa mengekspor kreativitas hingga ke negara-negara lain.

Untuk memacu tumbuhnya industri kreatif, kehadiran negara juga menjadi faktor penting. Karena dengan komitmen tersebut, pemerintah bisa memfasilitasi industri kreatif agar semakin berkembang.

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sendiri disebut Arsjad telah menetapkan visi untuk memajukan industri kreatif di Tanah Air.

“Mas Ganjar dan Prof Mahfud berkomitmen untuk mendorong ekonomi kreatif semakin melaju,” terangnya.

Keduanya akan menjadikan pelaku ekonomi kreatif jago kandang dan jago tandang melalui pendampingan profesional, bahan baku, teknologi, permodalan, hak cipta, pasar, koneksi industri, serta ruang publik.

Selain itu, pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 itu juga akan memperbanyak infrastruktur creative hub di setiap daerah.