Mengangkat Pamor Produk Lokal di Ajang Pesta Demokrasi

JAKARTA — Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md terlihat gagah di ajang debat ketiga pilpres yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024 lalu. Memakai jaket bomber berkelir hijau militer, keduanya tampak melenggang santai di atas panggung yang dipersiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu.

Jaket buatan jenama lokal Timechine Co asal Bandung yang dpakai Ganjar-Mahfud itu memang menarik. Bomber ala film Top Gun ini dilengkapi patch yang menggambarkan berbagai program unggulan Ganjar-Mahfud di bidang pertahanan dan geopolitik.

Jika dirinci, terdapat patch bertuliskan modernisasi pertahanan SAKTI, prajurit sejahtera, sistem pertahanan 5.0, kuliah gratis untuk anak prajurit dan Bhayangkara, berperan sentral menata dunia baru, geopolitik progresif, hingga perjanjian internasional untuk 100 persen kepentingan nasional.

Oh ya, slogan Sat Set dan Tas Tes juga dihadirkan sebagai elemen penegas. Ini seperti pengungkap bahwa Ganjar-Mahfud akan bergerak cepat dan tuntas dalam menjalankan program-programnya.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, outfit produk jenama lokal tersebut sengaja dipilih karena Ganjar-Mahfud memang berkomitmen mendukung penuh industri kreatif dan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Arsjad, ajang pesta demokrasi lima tahunan yang menjadi fokus perhatian rakyat, sengaja dijadikan sebagai panggung untuk mengangkat pamor produk-produk Indonesia sehingga makin memiliki daya saing tinggi.

“Menggunakan produk buatan dalam negeri, sekaligus menjadi komitmen pasangan Ganjar-Mahfud untuk mendukung kreativitas anak bangsa,” ujar Arsjad Rasjid.

Tak cuma jaket bomber, Ganjar-Mahfud juga mengenakan sepatu bikinan jenama lokal Exodos57. Brand ini memiliki visi mengangkat seni, budaya, pariwisata, serta kearifan lokal dalam bentuk produk maupun aktivitas branding sebagai strategi pemasaran.

Dukungan Ganjar terhadap produk lokal juga bisa dilihat saat mengikuti debat perdana, Selasa, 12 Desember 2023. Kala itu Ganjar juga memakai sepatu buatan brand lokal, Pijak Bumi.

“Ini sepatu karya anak muda Indonesia. Sepatunya menarik karena ada tulisan Sat Set. Waktu saya mau debat, ada anak yang kirim pesan, mau tidak pak pakai sepatu saya. Saya lihat sepatunya menarik, wah saya mau banget,” jelas Ganjar.

Mantan gubernur Jawa Tengah ini mengungkapkan, melalui pemilihan produk lokal, ia dan Mahfud Md ingin menunjukkan dukungan kepada industri kreatif yang dikembangkan oleh generasi muda. Terlebih, ada banyak anak muda yang memiliki karya bagus yang harus didukung untuk meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia.

“Ini menunjukkan bahwa kita hadir memberikan apresiasi, memberikan ruang pada mereka agar bisa terus berkarya. Mereka butuh diapresiasi, butuh diberikan harapan, dan kita harus mewujudkan itu,” tandas Ganjar. (*)