UMKM Indonesia Jajaki Pasar Singapura

JAKARTA–Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menginisiasi bazar UMKM di Singapura dalam rangka membawa produk-produk UMKM Indonesia masuk ke pasar Singapura.

Bazar tersebut dapat terselenggara berkat kerja sama dengan 11 BUMN, yang menggalang kehadiran lebih dari 28 pelaku UMKM Indonesia. Mereka menawarkan produk unggulan bertajuk Trade Mission di WestMall Singapura, pekan lalu.

Hadir dalam acara tersebut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, yang juga turut mempromosikan produk-produk unggulan UMKM tersebut kepada sejumlah pengunjung yang hadir.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, pihaknya senantiasa menginisiasi berbagai kegiatan yang dapat digunakan pelaku UMKM untuk dapat naik kelas. Dengan terbukanya pasar bebas, pelaku UMKM Indonesia harusnya dapat memanfaatkan celah tersebut untuk memperkenalkan produk unggulannya agar dikenal luas di kawasan ASEAN.

Pasar ASEAN cukup menjanjikan karena merupakan salah satu kawasan yang pertumbuhan ekonominya relatif masih unggul dibandingkan dengan kawasan dunia lainnya. Dengan pertumbuhan tersebut, daya beli masyarakat ASEAN masih terpelihara dan kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk UMKM yang tidak kalah saingnya dengan produk negara lain di kawasan ASEAN.

“UMKM di ASEAN memang menjadi tulang punggung perekonomian. Dengan semakin terbukanya pasar dan konektivitas yang tercipta, setiap pelaku UMKM dari kawasan ASEAN seharusnya dapat memasarkan produknya. Tak terkecuali, produk UMKM Indonesia,” ujar dia.

Arsjad menambahkan, kegiatan bazar yang dilakukan tidak lain adalah upaya KADIN untuk membawa UMKM menyeberang ke pasar global. Sudah banyak negara yang mengenal kualitas produk UMKM Indonesia, tetapi tidak sedikit juga yang belum mengenal produk-produk UMKM Indonesia tersebut. Penetrasi pasar tersebut diharapkan mampu memperluas jangkauan pemasaran karena produk unggul UMKM Indonesia semakin dikenal.

“Singapura adalah salah satu gerbang internasional untuk kawasan ASEAN. Tidak salah KADIN memilih pasar Singapura untuk melakukan penetrasi produk UMKM ke kancah global,” imbuhnya.